Langsung ke konten utama

20 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru Yang Menarik


20 Tempat Wisata di Banyumas Terbaru Yang Menarik


tempat wisata di Banyumas
foto dari @explorebanyumas
Tempat Wisata Di Banyumas – Banyumas merupakan salah satu kabupaten di Jawa tegah yang memiliki potensi pariwisata alam dan budaya yang beraneka ragam.
Banyumas daerahnya dikelilingi oleh beberapa kabupaten. Seperti Brebes di utara, Purbalingga, Banjarnegara, dan Kebumen di timur, serta Cilacap di selatan dan barat.
Ibukota dari Kabupaten Banyumas sendiri bermana Purwokerto. Kota ini terkenal dengan sebutan Ngapak Island karena logat  bicara masyarakat sekitar yang sangat khas.
Banyumas sendiri terletak di kaki Gunung Slamet yang memiliki ketiggian 3400mdpl dan  masih termasuk  Gunung yang aktif.  Oleh karena lokasi Kabupaten Banyumas yang dekat dengan Gunung Slamet, maka sangat kental dengan kekayaan Alamnya.
Ada begitu banyak wisata alam di kabupaten Banyumas. Banyumas terkenal dengan sebutan kabupaten seribu curug karena jumlah air terjunnya yang banyak.
Tidak hanya potensi alam saja yang terdapat di Kabupaten Banyumas, namun unggul juga dengan kebudayaannya.
Mungkin banyak wisatawan yang sangat mengenal wisata di Banyumas adalah Baturraden saja. Ternyata tidak hanya itu saja.
Banyumas menyimpan banyak wisata-wisata lain yang sangat cocok untuk dijadikan destinasi liburan anda.
Tempat wisata di Banyumas

Berikut ini akan kami sajikan 20 Tempat wisata di Banyumas yang terkenal dan paling keren:

1. Lokawisata Baturraden


wisata alam di kabupaten Banyumas
image via anekatempatwisata.com

Baturraden merupakan tempat menarik di Banyumas yang sangat terkenal. Baturraden ini termasuk objek wisata yang sudah berkembang begitu baik dan pesat.
Sehingga sampai saat ini Baturraden telah memiliki beberapa cabang wisata yang memiliki keunikan pseona yang berbeda-beda. Jaraknya dari pusat kota hanya 14 km saja, sehingga sangat terjangkau sekali bagi para wisatawan yang ingin berkunjung.
Salah satu cabangnya adalah Lokawisata Baturraden. Tempat Liburan di Banyumas  ini menawarkan pesona kekayaan Alam yang sangat indah. Jika anda beruntung ketika berkunjung ke tempat ini disaat cuaca cerah. Maka anda akan dapat melihat pantai Cilacap dan Nusa Kambangan dengan begitu jelas dari atas Baturraden.
Lokawisata Baturraden ini terdapat berbagai fasilitas dan wahana yang lumayan lengkap. Diantaranya terdapat kolam renang, tempat bermain anak di Banyumas bermain, lembah sunyi, pemendangan gunung, sepeda air, hingga teater alam.
Ditambah lagi udara yang sejuk dan dingin bisa anda rasakan dengan keindahan alam sekitar. Bagi para wisatawan yang datang dari luar kota atau jawa dapat menginap di hotel sekitar objek wisata Baturraden ini.
Anda juga dapat mejadikan lokasi ini sebagai tempat hiburan malam di Banyumas.

2. Wanawisata Baturraden


tempat wisata alam di Banyumas
image via palawiresortbaturraden.blogspot.com

Objek wisata yang satu ini merupakan canag dari Baturraden. Tempat rekreasi di banyumas ini diberi nama Wanawisata Baturraden.
Arti Kata Wana adalah hutan. Maka dari itu dapat kita ketahui bahwa kawasan ini merupakan hutan lindung sekaligus tempat rekreasi  yang sangat asri.
Wana Wisata ini memiliki bumi perkemahan yang bisa menampug hingga 1000 tenda. Bahkan karena tempat yang begitu luas, kawasan ini pernah menjadi tempat untuk Jambore Nasional.
Selain sebagai objek wisata, tempat ini digunakan juga sebagai cagar alam. Wana wisata Baturraden menjadi salah satu hutan produksi yang menghasilkan persemaian tanaman damar, pinus dan mahoni.

3. Air Panas Pancuran Telu


Objek wisata Pancuran Telu Banyumas
image via lihat.co.id

Objek wisata Pancuran Telu (Tiga) masih dalam kawasan Baturraden. Wisata Air Pans ini merupakan pancuran yang mengalir langsung dari dalam Gunung Slamet.
Tempat piknik di banyumas yaitu wisata pancuran telu ini sangat indah dan nyaman. Sehingga banyak sekali para wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.
Air belerang yang terdapat di objek wisata ini dpercaya dapat bermanfaat terapi pengobatan. Biasanya dibukaan untuk terapi pengobatan sakit tulang dan penyakit kulit seperti kadas atau panu.
Sumber Air Panas Pancaran Telu ini tidak jauh dari lokasi Wanawisata dan Lokawisata Baturraden yang hanya berjarak 2.5 km saja.

4. Air Panas Pancuran Pitu


tempat liburan di Banyumas
image via dinporabudpar.banyumaskab.go.id

Objek wisata ini sama seperti yang sbeleumnya yakni berasal dari gunung slamet. Perbedaannya terletak pada jumlah pancuran, kalau sebelumnya hanya ada 3 pancuran.
Sedangkan objek wisata ini memiliki tujuh atau pitu pancuran. Maka dari itu diberi nama Sumber Air Panas Pancuran Pitu. Salah satu fasilitas yang unik adalah terdapat pancuran yang disulurkan khusu ke kamar mandi.
Sehingga bisa dipesan untuk digunkan secara pribadi. Dikarenakan banyak manfaat ari air belerang, banyak pengunjung yang datang untuk menikmati kesaktian air ini.
Bahkan, banyak pengunjung yang mengggunkannya untuk terapi pengobatan.

5. Telaga Sunyi


wanawisata baturaden di Banyumas
foto dari @filosotrip

Telaga sunyi ini letaknya dekat dengan pintu gerbang Wana wisata Baturraden. Untuk menuju kesana, dari gerbang wana wisata kearah timur.
Dalam perjalanan anda harus berjuang dengan jalan yang cukup menanjak hingga sampai di hutan pinus dan damar. Setelah itu, anda harus berjalan untuk masuk kedalam kawasan wisata telaga sunyi.
Sesampaianya di telaga sunyi, anda akan disuguhkan dengan keindahan birunya air yang sangat indah. Ditambah lagi curug kecil yang istimewa di tengah-tengah hutan damar yang asri.

6. Curug Gede


tempat wisata air terjun di Banyumas
foto dari @rivai_24

Curug Gede terletak di Desa Ketengger, dimana lokasi ini berjarak 3 km dari Lokawisata Baturraden.
Curug Gede atau biasa kita keal dengan air terjun merupakan destinasi yang tidak akan ketinggalan jika anda berkujung ke Banyumas.
Apalagi bagi anda yang gemar eksplorasi wisata alam, tidak akan bosan dengan banyaknya air terjeun di Banyumas ini.
Curug Gede ini memiliki ketinggian sekitar 25 meter. Lokasi curug gede ini sangat indah dan alami dikelilingin oleh pergutanan yang asri.
Jika ingin menikmati curug gede pada malam hari, anda bisa bermalam dengan camping disekitar objek wisata ini.

7. Curug Ceheng


tempat wisata curug di Banyumas
foto dari @instapurwokerto

Curug Ceheng ini terletak di kecamatan Sumbang, yang merupakan ujung timur dari kota Banyumas. Curug ceheng ini memiliki telaga dibawah air yang sukup luas.
Namun untuk air terjunnya masih lebih besar di Curug Gede. Curug gede ini merupakan objek wisata yang sangat cocok bagi anda dan keluarga untuk berekreasi dan bermain-masin di tempat ini.
Hal ini dikarenakan tempatnya yang luas dan bisa digunakan untuk bermain bersama.

8. Curug Cipendok


tempat wisata di Banyumas yang terkenal
foto dari @sangpecintamusicrockk

Kabupaten Banyumas memang terkenal dengan seribu curug, tak salah jika banyak air terjun yang beitu indah tersebar disana.
Salah satu air terjun yang terkenal paling indah di Banyumas adalah Curug Cipendok. Curug Cipendok terletak di Cilongok, 25km dari arah barat Kota Banyumas.
Curug Cipendok memiliki ketinggian sekitar 92 meter. Tempat wisata curug di Banyumas ini dilengkapi dengan hutan lindung dan produksi. Serta menara yang bisa gunakan untuk melihat pemandangan sekitar.

9. Curug Jenggala


tempat berfoto di Banyumas
foto dari @julianasuci

Curug jenggala terletak di Desa Ketengger, Baturraden, banyumas. Objek wisata Curug Jenggal ini merupakan lokasi paling hits dan tempat wisata banyumas yang paling bagus di kalangan remaja.
Salah satu keunikan dan daya tarik dari Curug ini adalah terdapat papan berbentuk love yang terdapat didepan air terjun. Lokasi ini temtunya sangat cocok digunakan sebgai temat berfoto karena sangat menarik dan indah.
Namun, bagi anda yang ingin menuju ke tampat ini harus melewati perjalan yang agak sulit dan berlumpur. Hal ini dikarenakan Curug Jenggala ini baru saja dijadikan objek wisata alam banyumas dan masih pada tahap perkembangan.

10. Curug Nangga


Tempat wisata alam Banyumas
foto dari @hadi_goodnet

Curug Nangga berlokasi di Desa Patuhan, Kecamatan Pakuncen, Kabupaten Banyumas.
Tempat wisata alam Banyumas  ini masih merupakan objek wisata yang baru di Banyumas. Curug yang memiliki tujuh undakan/tingkatan ini skerang sedang booming dikalangan anak-anak remaja.
Objek wisata Curug Nangga sangat cocok dijadikan destinasi wisata penjelajah alam yang sangat menarik. Dan merupakan tempat wisata di Banyumas yang paling bagus.
Pesona pemadangan alamnya sangat asri dan memukau sangat cocok dijadaikan tempat berfoto di banyumas. Namun, untuk sampai disana pengunjung harus melewati jalanan yang menanjak dengan motor.
Kemudian harus berjalan untuk sampai di objek wisata ini. Kurang lebih 1 km atau sekitar 30 menit anda akan sampai di Curug Nangga.
Namun,itu semua akan terbayar dengan keindahan Curug Nangga yang masih alami dan sangat eksotis ini. Curug nangga ini juga termasuk tempat wisata baru di banyumas yang masih alami dan asri.

11. Museum Panglima Besar Jendral Sudirman


Tempat wisata daerah banyumas jawa tengah
image via purwokertoguidance.com

Banyumas merupakan tempat kelahiran Pnglima Besar Jendral Sudirman. Tak salah jika disana terdapat museum yang mengapresiasi perjuangan beliau.
Museum ini terletak di bagaian barat Kota banyumas. Tempat wisata daerah banyumas jawa tengah ini berjarak 3 km dari pusat pemerintahan.
Museum ini memiliki dua lantai. Untuk lantai pertama berisi diaroma dan foto-foto perjuangan jendral sudirman pada masa lalu.
Sedangkan di lantai 2 terdapat relief jendral sudurma ketika mempertahankan Yogyakarta. Bagi anda yang ingin berwisata dengan nuansa pengetahuan sangat cocok datang ke tempat ini.

12. Museum Wayang Sendhang Mas


tempat hunting di banyumas
image via mastourdev.blogspot.co.id

Objek wisata ini meruapakan tempat yang mengoleksi berbagai wayang. Mulai dari wayang gragag Banyumasan, Yogyakarta, dan Surakarta, purwa, serta benda-benda purbakala.
Museum ini terlatak di pusat pemerintahan Kota Banyumas. Museum Wayang Senddhang mas ini selain sebagai tempat wisata digunakan juga untuk wadah pelestarian budaya.
Objek wisata ini juga dapat dijadikan sebagai tempat hunting di banyumas. Hunting yang dimaksud adalah berburu foto-foto ngehits di Museum Wayang Sendhang Mas.

13. Museum BRI


tempat wisata edukasi di Banyumas
foto dari @dablonganclothing

Objek wisata ini merupakan Museum satu-satunya yang berada di Banyumas. Di dalam museum ini berisi pengetahuan mengenai perbankan di Indonesia.
Bahkan sampai pada pendiri dan pelopor bank sebagai solusi permasalahan di Indonesia. Untuk masuk ke Museum ini tidak di pungut biaya. Sehingga museum ini termasuk objek wisata murah di Banyumas.
Museum BRI ini buka setiap hari kecuali jumat dan sabtu. Disekitar museum ini terdapat penjual-penjual makanan khas Banyumas yang bisa anda rasakan.

14. Masjid Saka Tunggal


tempat wisata realigi di Banyumas
foto dari @isman_vijay

Masjid Saka tunggal merupakan peninggalan wali sanga. Masjid Saka Tunggal ini terletak di Desa Cikakak, Kecamatan Wangon, Kabupaten Banyumas.
Disekitar masjid Saka Tunggal ini terdapat makam Kyai Toelih yang merupakan penyear agama Islam di Banyumas. Masjid Saka Tunggal biasanya dijadikan sebagai objek wisata religi di Kabupaten Banyumas.
Uniknya, di sekitar masjid Saka Tunggal ini juga terdapat kera –kera jinak yang berkeliaran. Sehingga anda bisa bersengkrama dan memberi makan kera-kera tersebut.

15. Goa Maria


tempat wisata realigi di Banyumas
foto dari @eugenevina

Goa Maria terletak di kawasan perbukitan hijau Desa Kaliori, Kecamatan Kalibagor.
Loasi ini berjarak 14km dari pusat Kota Banyumas. Goa Maria ini dijadikan sebgai tempat ziarah umat kristiani.
Di dalam Goa maria ini terdapat beberapa fasiitas. Seperti Kapel ratu soraga, jalan salib, taman rosario hidup, dan rumah retret maria imakulata.

16. Wisata Kuliner Khas Mendoan Banyumas


tempat wisata kuliner di Banyumas
foto dari @ghaniskristia

Jika anda berkunjung ke Banyumas, jangan lupa untuk mencicipi kuliner khasnya yaitu Mendoan. Disana ada banyak sekali penjual yang menjual mendoan khas Banyumas ini.
Lokasi yang biasanya banyak penjual mednoan Banyumas ini terletak di Jalan Prof.Dr.Suharso (Gor Satria Purwokerto). Lokasi ini sangat cocok sebagai tempat nongkrong di Banyumas.
Cobalah mendoan khas Banyumas ini yang memiliki rasa yang berbeda dibanding dengan daerah lainnya. Jangan lupa juga sebagai pasangan cemilan khas Banyumas ini cobalah Soto Sokaraja.
Kedua makanan khas ini tentunya akan menambah wisata kuliner banyumas anda semakin lengkap dan istimewa.

17. Gunung Slamet


tempat wisata alam di Banyumas
foto dari @ardhian_46

Jika anda hobi mendaki Gunung. Maka anda harus mencoba menaklukan Gunung Tertinggi di Jawa Tengah ini. Gunung Slamet namanya.
Gunung dengan ketinggian 3428 Mdpl ini masih aktif dan merupakan spot favorit bagi para pendaki gunung. Selain karena  keindahannya, gunung ini terkenal dengan medan jalan yang penuh tantangan.
Medan yang akan dilewati cukup berat dan sulit, maka dari itu sangat diperlukan perlengkapan dan fisik yang kuat. Namun, semua itu akan terbayarkan denga pesona keindahan dalam perjalanan maupun ketika sudah sampai puncak Gunung Slamet.
Apalagi jika anda bisa menikmati keindahan pesona gunung slamet di malam hari. Gunung slamet ini salah satu tempat favorit wisata malam di Banyumas.

18. Batur Agung


Objek wisata Batur Agung Banyumas
foto dari @dedi__26

Batur Agung merupakan tempat wisata yang wajib anda kunjungi untuk menghabiskan waktu bersama keluarga. Objek wisata keluarga di Banyumas ini menyedia berbagai wahana bermain yang tidak boleh anda lewatkan.
Objek wisata Batur Agung ini memiliki konsep wahana yang menyatu dengan Alam. Sehingga selain bisa menikmati wahana bermain, anda bisa menikmati keinndahan Alam khas Banyumas.
Tidak hanya wahana air saja, disini tersedian berbagai permainan yang lumayan lengkap. Diantaranya Outboun untuk anak-anak, Fliying fox, Arum Jeram, waterpark, Kebun Buah, kereta mini dan situs purbakala. Tempat wisata area banyumas ini terletak di Desa Kadung Banteng.

19. Pemandian Kali Bacin


tempat wisata unik di Banyumas
foto dari @upil_kampret

Objek wisata yang satu ini memiliki keunikan dari arti namanya. Kali bacin berarti  sungai yang tengik. Tidak hanya di Pancuran 7 atau 3 saja anda dapat berendam air panas. Di Kali bacin pun anda bisa menikmati pemandian air hangat yang banyak manfaatnya ini.
Pada objek wisata kali bacin ini anda dapat menggunakan air belerang untuk mengobati beberapa penyakit. Diantaranya menghilangakn gatal-gatal, jerawat, dan penyakit kulit lainnya.
Banyak pengunjung yang menyempatkan waktunya untuk datang dan berendam di air belerang ini. Air belerang ini dipercaya mampu menyembuhkan berbagai penyakit.
Selain sebagai terapi pengobatan penyakit kulit, air belerang ini dipercaya dapat mengobati penyakit berat seperti syaraf maupun tulang.
Objek Pemandian Kali bacin ini terletak di Desa Tambaknegara, Kecamatan rawalo, Kabupaten Banjarnegara. Tempat wisata indah di Banyumas dapat anda jadikan sebagai salah satu tempat untuk pengobatan alternatif.

20. Dreamland Park Pancasan Banyuamas


Tempat wisata Ajibarang Banyumas
foto dari @dowenk41

Dreamland Parak merupakan taman wahana bermain air yang terkanalk di Banyumas. Objek wisata ini terletak di Pancasan, Kecamatan Ajibarang, Kabupaten Banyumas.
Tempat wisata Ajibarang Banyumas ini tidak hanya menyediakan wahana bermain air saja. Melainkan disana terdapat taman reptil, berbagai burung dan unggas langka, taman batu karts yang sangat unik.
Dengan harga tiket hanya Rp.15.000 ryupiah saja, pengunjung dapat menikmati semua wahana yang ada disana.
Itulah beberapa rekomendasi wisata di Banyumas yang dapat kami sajikan. Tentunya masih banyak sekali wisata-wisata di banyumas yang memiliki keindahan dan daya tarik yang berbeda-beda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGEMBALIKAN PENGATURAN COREL DRAW X6 KE PENGATURAN DEFAULT

CARA MENGEMBALIKAN PENGATURAN COREL DRAW X6 KE PENGATURAN DEFAULT Langkah pertama, kita harus menekan dan tahan F8 pada keyboard lalu klik 2 kali pada shortcut Corel  kita atau pada start menu dan kita masih menahan tombol F8.    Maka akan muncul kotak dialog seperti ini, kita pilih "yes" Dan tampilan workspace CorelDraw akan seperti ini Nah itulah cara untuk mengembalikan pengaturan awal CorelDraw, cara ini juga berlaku pada Corel Photo Paint dan software Corel lainnya. Semoga Bermanfaat !!!

Daftar Harga dan Spesifikasi Laptop Asus ROG Gaming Series Terbaru 2019

Daftar Harga dan Spesifikasi Laptop Asus ROG Gaming Series Terbaru 2019 Deni Saputro   Komputer   259,751 Views blog.dimensidata.com  – Daftar Lengkap Spesifikasi Notebook Laptop Asus Rog Gaming Series Semua Tipe dan Harga Terbaru 2019. Brand Asus mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan brand yang lain. Dengan launchingnya Laptop Asus Rog Gaming Series ini, cukup banyak orang lebih menunjuk untuk membeli Asus ROG sebab Asus menjadi salah satu brand Laptop paling tahan lama sesuai hasil survey 2018/2019. Terlebih ROG merupakan sebuah laptop gaming series dengan banyak tipe, pastinya para konsumen tidak mau dikecewakan sebab notebook murah rusak. Jadi Asus Rog Gaming Series merupakan salah satu perangkat yang patut dipertimbangkan ketika ingin membeli laptop gaming dengan spesifikasi terbaik. Baca Juga:  Daftar Harga Desktop PC All in One Asus Semua Tipe dan Spesifikasi Terbaru Namun sayang, dibalik semua keunggulannya teresebut, laptop Asus Rog Gaming Series ini juga

Harga dan Spesifikasi ROG Phone! HP ASUS Pembuka Era Smartphone Gaming!

Kamu pasti terkejut dengan peluncuran HP yang tiba-tiba dari ASUS tadi malam.  Branding  ROG yang melekat kuat dengan laptop  gaming  kelas wahid kini sudah hadir doi jajaran HP  gaming  dari ASUS. Penasaran dengan harga ASUS ROG Phone dari ASUS yang baru diluncurkan ini? Baca selengkapnya di bawah, kamu bisa tahu semua hal menarik tentang ROG Phone ini! 1. Desain Mewah ROG Phone Dibalut Teknologi Canggih Gaming Image Source: 9to5 Google Laptop  gaming  terkenal dengan desain dinamis yang didominasi warna hitam dengan aksen merah, hijau, atau biru. ROG Phone memiliki garis-garis merah dan logo khas laptop  gaming  ROG yang bisa menyala di belakangnya. Casing- nya memiliki teknologi  3D Vapor Chamber  yang memberikan pendinginan maksimal untuk mencegah lag dari panasnya komponen super cepat di HP  gaming  ini. 2. Komponen Tercepat di Dunia Tersemat di ROG Phone Image Source: Hungry Geeks Selayaknya HP  flagship  terbaru di tahun 2018, ROG Phone disokon