Langsung ke konten utama

Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Asli Banyumas

Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Asli Banyumas

Diperbarui pada   Perkiraan 6–9 menit dibaca
Cara Membuat Tempe Mendoan – Tempe mendoan merupakan salah satu makanan yang paling disukai masyarakat Banyumas. Karena hampir 99% warga Banyumas menyukai gorengan dari bahan tempe ini. Memiliki rasa gurih dengan citarasa yang khas membuat mendoan selalu enak untuk di nikmati. Jadi tak aneh lagi walaupun di makan setiap hari juga *langka mblengere* itu istilah dari bahasa ngapak bahasanya orang Banyumas yang memiliki arti tidak pernah ada bosannya.
Tempe mendoan, bakwan, dage dan gembus goreng merupakan kudapan kebanggaan yang sudah menjadi camilan kebiasaan orang Banyumas untuk teman berkumpul. Jadi kalau lagi berkumpul dengan teman, keluarga atau kerabat pasti selalu ada tempe mendoan. Kalau kata pemuda maupun orang tua warga Purwokerto Banyumas mah kurang lengkap kalau berkumpul tanpa mendoan. Gorengan yang bertekstur lembek ini paling enak dan mantap di makan waktu baru matang dengan ditemani saus sambal, sambal kecap pedas serta cabai rawit kecil yang bahasa Jawa nya #nyigit.
Tempe mendoan yang berarti mendo-mendo di pangan ini sebenarnya merupakan potongan tempe kedelai berselimut tepung terigu berbumbu lalu digoreng di dalam minyak yang cukup panas dan banyak. Untuk menghasilkan tempe mendoan asli khas Banyumas di gorengnya hanya sebentar saja. Jadi cuma di celup ke minyak panas kurang lebih menggorengnya sekitar 2 menit. Kiranya tepung terigu sudah membungkus tempe dengan cantik langsung di angkat dan di tiriskan ke tisu makan agar menyerap minyak mendoan.
Seperti yang saya bilang di atas, teksture mendoan tempe ini masih lembek alias mendo dan tidak ada crispy atau kriuk tepung sama sekali. Mendo inilah yang sangat khas dari Tempe Mendoan Banyumas. Namun karena kemajuan zaman, kini mendoan tak melulu mempertahankan teksture lembeknya. Karena kini muncul inovasi baru dengan jenis tempe mendoan aneka kreasi yang lebih enak dan gurh.
tempe mendoan
Mendoan Goreng (Mendo-mendo di Pangan)
Mulai dari tempe mendoan pedas, tempe mendoan keju, tempe mendoan daun jeruk, tempe mendoan crispy / mendoan garing kriuk, mendoan bayam, tempe mendoan imut ala cafe serta sushi mendoan tempe. Wah ternyata banyak kreasi mendoan yang lezat ya 🙂
Ciri khas tempe mendoan banyumas adalah berukuran sedang dengan bentuk tempe yang tipis. Biasanya tempe yang khusus untuk mendoan di bungkus dalam daun jati dan daun pisang yang berisi sekitar 3-4 buah tempe. Namun di daerah lain seperti kota Cilacap ukuran mendoan lebih besar, tebal dan agak crispy. Berbeda dengan tempe medoan khas abang-abang gorengan yang jualan di gerobak pinggir jalan. Karena tempe dan adonan terigunya sangat tipis serta di goreng sampai kering seperti keripik tempe.
Nah bagi yang penasaran akan tempe mendoan, bikin di rumah yuk. Kalau tidak ada tempe khusus mendoan yang tipis, anda bisa mengganti dengan tempe papan tebal yang di iris-iris tipis. Jika anda ingin mendapatkan tempe original Banyumas anda dapet berkunjung di daerah Sawangan yang berdekatan dengan alun-alun Purwokerto di situlah gudangnya tempe mendoan, keripik, getuk goreng serta kelanting. Karena di daerah Sawangan ini merupakan pusat oleh-oleh khas Banyumas.
Cara membuat gorengan mendoan tentu sangatlah mudah dan praktis. Karena tak ada trik dan alat khusus untuk membuatnya, jadi semua orang bisa mempratekkan sendiri di rumah. Bagi yang penasaran akan lezatnya mendoan tak perlu jauh-jauh ke daerah Banyumas. Karena dengan mengikuti Bahan-bahan dan Cara Membuat Tempe Mendoan yang saya berikan anda dapat membuatnya kapan saja langsung dari dapur tercinta. Mari simak 🙂

Step By Step Membuat Tempe Mendoan

tempe mendoan
Mendoan Tempe Plus Sambal Kecap Khas Banyumas

Bahan-bahan :

  • Tepung beras 1 sendok makan
  • Tepung terigu protein sedang 250 gram
  • Air 400 mili liter
  • Tempe mendoan purwokerto 10 buah (bisa juga menggunakan tempe biasa yang di iris tipis)
  • Daun Bawang 2 batang (iris halus)
  • Minyak secukupnya (untuk menggoreng)

Bumbu Halus Mendoan (Haluskan) :

  • Kencur 1 cm
  • Bawang putih 2 siung
  • Ketumbar 3/4 sendok teh
  • Kaldu bubuk 1 sendok teh
  • Garam secukupnya

Cara Membuat Mendoan :

  1. Campurkan tepung beras, tepung terigu, air, dan bumbu halus dalam satu wadah. Aduk rata.
  2. Tambahkan daun bawang, aduk rata kembali.
  3. Masukkan tempe ke dalamnya, balut tempe dengan adonan tepung.
  4. Panaskan minyak, kemudian goreng tempe sebentar saja alias mendo / setengah kering, tak perlu sampai kering.
  5. Angkat dan tiriskan sejenak.

Tips dan Kunci Sukses Membuat Tempe Mendoan :

  1. Kalau bisa gunakan tempe khusus mendoan yang sudah siap pakai. Namun memang menemukan tempe purwokerto ini agak susah, jadi kalian bisa gunakan tempe papan tebal yang biasa dijual dipasaran. Tujuannya agar mudah diiris tipis.
  2. Agar hasil tempe mendoannya lebih renyah, tambahkan 1 sendok makan tepung beras atau tepung maizena.
  3. Untuk tepungnya gunakan tepung berprotein sedang saja jangan protein tinggi nanti alot.
  4. Akan lebih greget lagi jika tempe mendoannya ditambahkan dengan irisan daun bawang didalam adonannya.
  5. Resep tempe mendoan asli banyumas memang menggunakan kencur. Namun jika tidak mau menggunakannya, penggunaan kencur bisa di skip atau bisa diganti dengan sedikit kunir jika ingin mendoan yang sedikit berwarna kekuningan.

Bahan Sambal Kecap Pedas :

  • Kecap manis 5 sendok makan
  • Bawang putih 1 siung (haluskan)
  • Cabai rawit merah 4 buah (haluskan, potong kecil-kecil)
  • Garam 1/8 sendok teh

Cara Membuat Sambal Kecap Mendoan :

  1. Campurkan semua bahan sambal ke dalam satu wadah. Kemudian aduk rata.
  2. Sajikan sambal kecap pedas dengan mendoan selagi hangat.
Selain sebagai camilan, mendoan hangat juga bisa dinikmati bersama tumisan dan hidangan berkuah. Mulai dari Resep Soto Lamongan, Kuahnya Gurih Dan Seger Banget, soto Sokaraja, bakso, nasi goreng, nasi uduk, gado-gado, rujak, pecel sayur, karedok dan lain sebagainya.
Demikian yang dapat kami sampaikan mengenai Cara Membuat Tempe Mendoan Purwokerto Asli Banyumas. Semoga bermanfaat 🙂

Komentar

Postingan populer dari blog ini

CARA MENGEMBALIKAN PENGATURAN COREL DRAW X6 KE PENGATURAN DEFAULT

CARA MENGEMBALIKAN PENGATURAN COREL DRAW X6 KE PENGATURAN DEFAULT Langkah pertama, kita harus menekan dan tahan F8 pada keyboard lalu klik 2 kali pada shortcut Corel  kita atau pada start menu dan kita masih menahan tombol F8.    Maka akan muncul kotak dialog seperti ini, kita pilih "yes" Dan tampilan workspace CorelDraw akan seperti ini Nah itulah cara untuk mengembalikan pengaturan awal CorelDraw, cara ini juga berlaku pada Corel Photo Paint dan software Corel lainnya. Semoga Bermanfaat !!!

Daftar Harga dan Spesifikasi Laptop Asus ROG Gaming Series Terbaru 2019

Daftar Harga dan Spesifikasi Laptop Asus ROG Gaming Series Terbaru 2019 Deni Saputro   Komputer   259,751 Views blog.dimensidata.com  – Daftar Lengkap Spesifikasi Notebook Laptop Asus Rog Gaming Series Semua Tipe dan Harga Terbaru 2019. Brand Asus mempunyai kelebihan tersendiri dibandingkan brand yang lain. Dengan launchingnya Laptop Asus Rog Gaming Series ini, cukup banyak orang lebih menunjuk untuk membeli Asus ROG sebab Asus menjadi salah satu brand Laptop paling tahan lama sesuai hasil survey 2018/2019. Terlebih ROG merupakan sebuah laptop gaming series dengan banyak tipe, pastinya para konsumen tidak mau dikecewakan sebab notebook murah rusak. Jadi Asus Rog Gaming Series merupakan salah satu perangkat yang patut dipertimbangkan ketika ingin membeli laptop gaming dengan spesifikasi terbaik. Baca Juga:  Daftar Harga Desktop PC All in One Asus Semua Tipe dan Spesifikasi Terbaru Namun sayang, dibalik semua keunggulannya teresebut, laptop Asus Rog Gaming Series ini juga

Harga dan Spesifikasi ROG Phone! HP ASUS Pembuka Era Smartphone Gaming!

Kamu pasti terkejut dengan peluncuran HP yang tiba-tiba dari ASUS tadi malam.  Branding  ROG yang melekat kuat dengan laptop  gaming  kelas wahid kini sudah hadir doi jajaran HP  gaming  dari ASUS. Penasaran dengan harga ASUS ROG Phone dari ASUS yang baru diluncurkan ini? Baca selengkapnya di bawah, kamu bisa tahu semua hal menarik tentang ROG Phone ini! 1. Desain Mewah ROG Phone Dibalut Teknologi Canggih Gaming Image Source: 9to5 Google Laptop  gaming  terkenal dengan desain dinamis yang didominasi warna hitam dengan aksen merah, hijau, atau biru. ROG Phone memiliki garis-garis merah dan logo khas laptop  gaming  ROG yang bisa menyala di belakangnya. Casing- nya memiliki teknologi  3D Vapor Chamber  yang memberikan pendinginan maksimal untuk mencegah lag dari panasnya komponen super cepat di HP  gaming  ini. 2. Komponen Tercepat di Dunia Tersemat di ROG Phone Image Source: Hungry Geeks Selayaknya HP  flagship  terbaru di tahun 2018, ROG Phone disokon